Selasa, 11 Desember 2012

cara menjaga kesehatan mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata. Mata adalah salah satu indera yang paling dibutuhkan manusia. Tanpanya dunia kita akan terlihat gelap gulita. Makanya, wajib bagi kita untuk memelihara kesehatannya agar jangan sampai fungsinya berkurang karena akan sangat mengganggu nantinya.
JAngan sampai kita tidak dapat menikmati pemandangan alam seperti laiknya orang normal karena terdapat masalah pada mata kita.
Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips bagaimana menjaga kesehatan mata agar mencegah masalah kesehatan pada mata anda, seperti dilansir Healthyway.
1. Memakai kacamata pelindung
Sinar matahari langsung mempunyai kandungan zat-zat jahat yang tidak hanya berbahaya pada kulit tapi juga terhadap mata, yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula dari waktu ke waktu bila tidak dilindungi oleh kacamata hitam. Inilah sebabnya, bila di pantai sering kita lihat bule yang berjemur selalu memakai kacamat hitam. Sinar Ultraviolet matahari yang menembus retina bisa menyebabkan kerusakan mata. Dan perlu diperhatikan ketika memilih kacamata pelindung, pilihlah yang memiliki 99 persen atau 100 persen perlindungan UV.
2. Berhenti merokok
Anda pasti sudah tidak asing dengan peringatan yang ada di bungkus rokok bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Namun, ternyata terdapat hubungan langsung antara merokok dengan masalah kesehatan mata. APabila anda seorang perokok, maka anda meningkatkan resiko pengembangan sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering, kerusakan saraf optik, dan retinotherapy diabetes.
3. BAtasi konsumsi alkohol
Jika anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan degenerasi saraf optik, yang dapat mengakibatkan pengurangan visi, bintik-bintik buta, dan visibilitas warna berkurang. Hindari penyalahgunaan alkohol.
4. Jaga tekanan darah dan kolesterol
Tekanan darah tinggi yang tidak diobati bisa menyebabkan mengganggu penglihatan dan menyebabkan retinotherapy hipertensi. Kadar kolesterol dalam tubuh pun sangat penting untuk dijaga karena kadar yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit mata vaskular.
5. Kontrol asupan gula pada penderita diabetes
Komplikasi mata yang berhubungan erat dengan diabetes diantaranya kebutaan, erosi kornea, katarak, penglihatan ganda, dan pendarahan.
6. Konsumsi makanan kaya antioksidan
Sumber makanan yang kaya akan antioksidan diantaranya adalah daging merah, kacang polong, bayam, brokoli, tomat, kubis, kuning telur, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar