Selasa, 11 Desember 2012

Manfaat vitamin A yang perlu anda ketahui

Manfaat Vitamin A Yang Perlu Anda Ketahui

manfaat vitamin A
Gambar wortel sumber vitamin A
Vitamin A selalu identik dengan kesehatan mata dan wortel. Pernyataan ini tidak salah, karena memang manfaat vitamin A salah satunya untuk menjaga kesehatan mata yakni dengan meningkatkan integritas retina dan dalam sayuran wortel pun juga banyak mengandung pro-vitamin A atau betakaroten yang selanjutnya dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Namun, perlu anda ketahui bahwa vitamin A memiliki fungsi lain untuk kesehatan tubuh anda.
Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan mata tidak dapat menyesuaikan dengan perubahan cahaya dari luar. Gejala awal kekurangan vitamin in akan menyebabkan anda terkena rabun senja dimana keadaan ini menyebabkan penglihatan kurang jelas di kala senja. Mengingat fungsi vitamin A untuk kesehatan mata begitu penting maka penuhi kebutuhan vitamin ini dalam tubuh anda. Vitamin A sebenarnya tidak hanya terdapat pada sayur wortel saja, tetapi juga terdapat pada sayuran berwarna hijau tua seperti bayam dan buah-buahan berwarna jingga. Selain itu, vitamin A juga dapat berasal dari hewan seperti susu, hati, keju, kuning telur dan mentega.
Selain untuk kesehatan mata, berikut beberapa fungsi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan anda:
1. Vitamin A membantu sel bereproduksi secara normal yang biasa disebut diferensiasi. Jika tubuh tidak melakukan diferensiasi akan berdampak pada kondisi pra-kanker.
2. Fungsi vitamin A yang kedua yakni dapat membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh. Oleh karena itu, vitamin ini dapat membantu proses penyembuhan luka.
3. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio serta janin, menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio.
4. Vitamin A dapat membantu mempertahankan kesehatan dan struktur kulit, rambut dan gigi.
5. Vitamin A juga dapat membantu mengatasi penyakit kulit seperti jerawat.
6. Fungsi vitamin A yang terakhir yaitu vitamin A diperlukan dalam reproduksi normal dengan mempengaruhi fungsi dan pembentukan sperma, indung telur serta plasenta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar