Kamis, 15 November 2012

Cegah Penyakit Jantung Dengan Hidup Sehat

Di Indonesia, penyebab kematian paling besar hingga saat ini masih penyakit jantung.  Perlu diperhatikan bahwa penyakit jantung memiliki jenis dan penanganan yang berbeda-beda. Namun, hingga saat ini peringkat tertinggi masih dipegang oleh penyakit jantung koroner Lalu bagaimana cara mengetahui penyakit ini? Apa saja gejalanya dan bagaimana mengetahui jenis-jenisnya?
Gejala penyakit jantung secara umum sangat bervariasi, mulai dari nyeri di beberapa bagian tubuh, sesak nafas, kelelahan dan kepenatan, jantung berdebar-debar, serta pusing dan pingsan. 
Sedangkan bagi penyakit jantung koroner, gejala yang timbul biasanya mendadak dengan keluhan nyeri atau rasa tidak enak di dada sebelah kiri dan sekitarnya, seringkali menjalar ke lengan atau leher.  Ada pula  penyakit pembengkakan jantung, gejala yang biasanya timbul adalah mudah lelah saat beraktivitas yang biasanya timbul perlahan-lahan dan semakin lama semakin berat.
Setelah mengetahui gejala-gejalanya, hal berikutnya yang perlu diketahui adalah cara mengatasinya!
  • ‘Obat’ pencegah penyakit jantung adalah mencegah timbulnya penyakit degeneratif, salah satunya dengan menjalankan gaya hidup sehat.
  • Gaya hidup sehat termasuk di dalamnya adalah makan sehat, yaitu makan sesuai dengan kebutuhan, bervariasi jenisnya dengan jadwal makan yang teratur. 
  • Aktivitas fisik yang cukup perlu menjadi perhatian pada kehidupan modern ini. Olah raga bisa menjadi pilihan jika kegiatan sehari-hari sangat sedikit melibatkan aktivitas fisik.
  • Ngemil sehat yuk! Konsumsi buah-buahan sebagai makanan selingan. Selain mendapatkan vitamin dan mineral yang banyak terkandung di dalamnya, serat yang tinggi  akan memberikan efek kenyang sehingga asupan makan makanan yang lain otomatis menjadi terbatasi . Hal ini dapat mencegah kegemukan yang merupakan salah satu penyebab penyakit degeneratif dan jantung.
  • Batasi konsumsi lemak! Usahakan mengkonsumsi lemak antara 20-35% saja terhadap kalori total dalam sehari dengan sebagian besar dari sumber asam lemak tak jenuh , seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati. Hindari gorengan sebagai cemilan dan hindari makanan goreng tepung serta krupuk. Kemudian, batasi juga 1 lauk yang dimasak dengan minyak. 
Selain beberapa langkah di atas, hal yang tidak kalah pentingnya adalah minum air dengan cukup! Berikut fakta-fakta menariknya:
  • Kurang minum dapat menyebabkan berkurangnya cairan dalam tubuh.  Hal demikian akan membebani kerja jantung, karena kerja jantung jadi lebih berat untuk mengirimkan darah ke seluruh tubuh.
  • Minum 8 gelas air per hari dapat memenuhi kebutuhan metabolisme dalam tubuh. 
  • Untuk penderita gangguan jantung minum secukupnya sesuai saran Dokter anda 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar