Name:  carahidupsehat.jpg
Views: 4197
Size:  9.4 KB

Bagaimana cara hidup sehat yang alami untuk mencegah penyakit tanpa obat-obatan? Langkah-langkah gaya hidup sehat bisa Anda lakukan dengan beberapa cara mudah dan murah. Kualitas hidup pun akan lebih baik dengan raga dan jiwa yang sehat.

Berikut ini ketujuh cara untuk hidup sehat:

  1. Udara bersih, paru-paru pun sehat

    Hiruplah udara yang bersih dan sehat, maka Anda terhindar dari gangguan pernapasan. Udara pagi adalah sangat baik untuk paru-paru Anda, tanpa repot mencari udara pegunungan. Sempatkanlah diri keluar rumah sebelum berangkat beraktifitas untuk mengatur pernapasan menghirup udara sejuk. Ketika berada di luar, sebisa mungkin menjauhlah dari udara tercemar seperti asap kendaraan atau debu dan asap rokok. Perabot rumah, kipas angin atau AC di rumah dan ruangan kerja Anda juga jangan lupa untuk rutin dibersihkan.
  2. Banyak minum air putih
    Dibanding minuman apapun, air putih lah yang terbaik. Seperti anjuran pada umumnya, per hari minimal minumlah air putih 8-9 gelas. Fungsi ginjal dan saluran kemih pun terbantu kelancarannya dengan meminum air putih. Di siang hari, minumlah air sejuk (bukan air es) dan air hangat di malam hari. Anda juga bisa menambahkan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Minuman ini berguna mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, selain menyegarkan diri.
  3. Konsumsi menu bergizi dan seimbang
    Pilihlah menu dengan gizi yang cukup, seimbang, dan bervariasi. Tubuh membutuhkan serat, sehingga Anda perlu mengkonsumsi sayuran hijau dan buah yang mengandung banyak serat dan gizi. Makanan olahan dan junk food, sebaiknya Anda hindari. Garam dan gula pun harus dikurangi asupannya. Yang tidak kalah penting adalah sarapan pagi ! Aktifitas sepanjang hari akan ditunjang oleh sarapan pagi sehingga jika Anda mengabaikannya maka tubuh menjadi tidak siap menjalani kegiatan.
  4. Seimbangkan antara kerja, olahraga dan istirahat
    Kerja keras tanpa istirahat sama sekali tidak ada untungnya bagi Anda. Biasakan istirahat teratur 7-8 jam pada malam hari, dan jangan sering begadang atau tidur terlalu malam. Berolahraga tidak harus memakan waktu. Anda bisa berolahraga ringan atau sekedar melemaskan otot persendian di waktu senggang. Untuk kebugaran dan stamina tubuh, berolahraga 2 - 3 kali per minggu, selama 30 - 45 menit, sudah cukup membantu.
  5. Kontrol kerja otak
    Sama seperti tubuh, otak pun perlu istirahat. Beban terlalu banyak yang otak terima akan membuat otak bekerja keras sedangkan waktu isitirahatnya tidak seimbang. Cara menyegarkan otak yang lelah setelah banyak berpikir, bisa Anda lakukan dengan menjalani hobi yang Anda senangi di waktu senggang. Membaca novel, melukis, atau mendengarkan musik akan membuat kerja otak lebih santai.
  6. Jalani hidup secara harmonis
    Jika ingin tetap sehat, manusia sebagai mikrokosmos harus mematuhi alam yang sebagai makrokosmos. Kuncinya adalah gunakan akal sehat. Jangan mengorbankan hidup dengan menuruti kesenangan diri lewat kebiasaan hidup yang buruk dan beresiko. Meminum minum-minuman keras, merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang hanya akan menyiksa tubuh Anda. Perkecil resiko terjadinya stres emosional atau psikis dengan menjalani hidup secara harmonis.
  7. Gunakan suplemen gizi
    Suplemen hanya boleh Anda minum jika tubuh memerlukannya. Tetaplah utamakan mengkonsumsi makanan segar dan sehat. Jenis suplemen makanan memang bermanfaat membantu tubuh meningkatkan kesehatan, namun jangan berlebihan. Tubuh kita memerlukan antioksidan (beta-karoten), vitamin C, vitamin E, dan selenium. Anda bisa mendapatkan semua zat itu dalam makanan sehat yang alami dan tidak mahal.