Sabtu, 19 Januari 2013

Minuman Bersoda Ternyata Bikin Sakit Jiwa


Ilustrasi
LONDON— Hati-hati bagi Anda penggemar minuman bersoda. Pasalnya menurut studi terbaru konsumsi minuman manis bersoda sebanyak empat kaleng dapat meningkatkan risiko penyakit mental hingga 30%.
Para ilmuwan bahkan menyatakan bahwa minuman bersoda versi diet memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi.
Namun, orang yang mengonsumsi hingga empat cangkir kopi dalam sehari, dapat mengalami penurunan risiko mengalami depresi hingga 10%, dibanding dengan orang yg tidak pernah minum kopi.
Ilmuwan dari National Institutes of Health in Research Triangle Park in North Carolina, AS, Honglei Chen, mengatakan  penelitian mendapati bahwa mengurangi minuman manis dan menggantinya dengan kopi hitam tanpa gula, akan membantu mengurangi risiko depresi secara natural.
“Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasi penemuan ini, dan orang yang menderita depresi harus terus meminum obat yang yang diresepkan oleh dokter mereka,” ujar Chen sebagaimana dilaporkan DailyMail.
Penelitian Chen ini memonitor 263.925 orang yang mengonsumsi soda, teh, punch buah, dan kopi, dalam rentang tahun 1995 hingga 1996. Sepuluh tahun kemudian, para responden ditanyai apakah mereka di diagnosis mengalami depresi sejak 2000.
Total penderita depresi adalah 11.311, dan mereka adalah responden yang berusia 50 hingga 71 tahun.
“Minuman manis, kopi, dan teh, adalah jenis minuman yang umum dikonsumsi warga dunia dan memiliki efek penting pada fisik dan mungkin juga pada kesehatan mental seseorang,” ujar Chen.
Selain menyebabkan karies gigi, konsumsi gula berlebihan dikaitkan pada terjadinya depresi, kurangnya formasi memori, dan gangguan belajar. Sementara itu, sekaleng minuman bersoda mengandung setidaknya delapan sendok teh gula.
Pada anak-anak, minuman bersoda dapat menyebabkan adiksi, seperti pada makanan cepat saji.
Negara seperti Denmark dan Prancis kini telah menyosialisasikan pajak minuman bersoda, dengan tujuan untuk mengurangi konsumsi soda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar