Sabtu, 19 Januari 2013

HADUH, Ribuan Bakteri Hidup di Tangan Manusia


Ilustrasi
JAKARTA—Ternyata ada sekitar 39.000 bakteri yang hidup nyaman di tangan Anda. Jadi, jangan remehkan kebersihan tangan Anda.
“Tangan adalah salah satu pintu masuk segala penyakit,” menurut Ketua Himpunan Perawat Pengendalian Infeksi Indonesia, Costy Pandjaitan.
“Menjaga kebersihan tangan menjadi salah satu pertahanan awal untuk menjaga kesehatan, karena berbagai kuman penyakit dapat ditularkan melalui tangan,” ujar Pandjaitan pada jumpa pers di Jakarta pada Kamis (10/1/2013).
Berdasarkan data WHO, tangan mengandung bakteri sebanyak 39.000-460.000 CFU per sentimeter kubik, yang berpotensi tinggi menyebabkan penyakit infeksi menular.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Kompartemen Umum dan Humas PERSI, Dr Robert Imam Sutedja, mengatakan, kuman menyerupai manusia yang dapat berkembang biak dan berevolusi sehingga membentuk koloni-koloni.
“Langkah mudah, cepat, sederhana dan murah untuk mencegah penyebaran dan perkembangan kuman adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara teratur,” ujar Robert.
Lebih lanjut, Sutedja mengemukakan, riset menunjukkan cuci tangan memakai sabun dapat mencegah penularan ataupun penyakit infeksi menular seperti diare hingga 50%, dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga 45%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar