Sabtu, 19 Januari 2013

Obat batuk tradisional alami untuk batuk berdahak dan batuk kering

Obat batuk tradisional alami untuk batuk berdahak dan batuk kering. Batuk kadang menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan dan menyiksa, apalagi di malam hari, istirahat pun jadi terganggu. Ada kalanya obat batuk yang beredar di toko obat baik yang sirup maupun tablet tidak lagi berfungsi dengan baik. 

Batuk umumnya disebabkan oleh adanya gangguan pada reseptor saluran pernafasan, baik itu berupa debu, bakteri, ataupun lendir dan dahak. Ketika hal itu terjadi maka lapisan syaraf pada saluran pernafasan secara refleks akan merespon secara terus menerus yang akhirnya kita sebut batuk.

batuk, obat batuk tradisional

Jika hal tersebut terjadi maka anda bia mencoba obat batuk tradisional dengan bahan alami berikut ini:

Obat Batuk Berdahak

1. Jahe dan Kencur
Jahe memiliki kandungan anti bakteri yang cukup baik yang mampu menghilangkan dahak. Selain itu jahe juga mampu menghangatkan tubuh yang menggigil akibat gejala batuk dan demam. Caranya: Iris jahe dan kencur tipis-tipis, di parut juga bisa. Kemudian rebus irisan tersebut peras dan ambil airnya. Minum air tersebut sehari 3 kali, atau ketika tenggorokan merasa gatal.

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang di campur dengan kecap sudah lama dikenal sebagai obat batuk berdahak yang alami. Anda dapat menggunakan obat ini untuk mengobati batuk berdahak. Apabila tidak suka dengan kecap maka bisa digantikan dengan madu. Caranya: Peras jeruk nipis dan campur dengan kecap atau madu. Minum sebanyak 3 kali sehari.

3. Daun Sirih
Daun sirih juga banyak mengandung antibiotik yang bisa dijadikan sebagai obat batuk berdahak dan mengeluarkan dahak. Caranya:  Rebus daun sirih yang di campur dengan sedikit jahe. Diamkan air rebusan untuk beberapa saat, minim sebanyak 1 kali sehari.

Obat Batuk Kering

1. Kunyit dan Madu
Untuk mengobati batuk kering, bisa memanfaatkan kunyit dan madu, serta bisa ditambah susu. Kunyit memiliki khasial alami untuk menghilangkan batuk kering akibat radang pernafasan. Caranya: Buatlah satu gelas susu kemudian tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang sudah ditumbuk halus. Kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum 1 hari 2 - 3 kali.

2. Daun Kemangi
Daun kemangi telah diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk batuk berdahak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara siapkan satu gelas air putih, masukan 2-3 lembar daun kemangi, rebus air tersebut dan munum selagi hangat.

3. Seledri dan Madu
Madu dan seledri juga dapat mengobati batuk. Caranya: Cuci bersih 30 gr daun seledri kemudian potong-potong. Masukan potongan pada 3 gelas air yang direbus, biarkan hingga sisah 1 gelas. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore.

Itulah bebrapa ramuan obat batuk tradisional yang dapat anda gunakan sebagai alternatif untuk mengobati batuk berdahak dan batuk kering. Apabila anda telah mencoba obat batuk di atas dan belum mengalami perubahan, ada baiknya segera konsultasi ke dokter spesialis untuk menanyakan lebih detail sakit yang anda derita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar