Senin, 28 Januari 2013

KESEHATAN LINGKUNGAN

  • 1. KESEHATAN LINGKUNGAN Kesehatan adl keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Kesehatan lingkungan adalah ilmu yang mempelajari berbagai masalah kesehatan sebagai akibat dari hubungan interaksi antara berbagai bahan, kekuatan, kehidupan, zat, yang memiliki potensi penyebab sakit yang timbul akibat adanya perubahan-perubahan lingkungan dengan masyarakat serta menerapkan upaya pencegahan gangguan kesehatan yang ditimbulkannya.
  • 2. HENDRIK L. BLUM Status Kesehatan Keturunan Pelayanan Kesehatan Lingkungan : - Fisik Biologi Sosekbud Perilaku
  • 3. FAKTOR-FAKTOR LINGK. YG MEMPENGARUHI KESEHATAN Faktor Biologis : agent biologis penyakit terdiri dari virus, riketsia, bakteri, jamur, helmintes, parasit yang menginfeksi manusia melalui air yang tercemar, udara, makanan atau tanah.’ Mis: Nyamuk aegipty dan anopheles ad/ vektor penyakit deman berdarah dan malaria. Faktor Fisik : Berdampak langsung terhdp kes : radiasi, ionisasi, asbes, vibrasi Sosial ekonomi : Jumlah penduduk semakin tinggi menyebabkan sistem sanitasi semakin buruk.
  • 4. RUANG LINGKUP KESLING Perumahan Pembuangan Kotoran manusia (tinja) Penyediaan Air Bersih Pembuangan Sampah Pembuangan Limbah Kandang Ternak dsb
  • 5. Syarat-syarat rumah yang sehat Bahan bangunan Lantai,dinding, atap dll Ventilasi Ventilasi alamiah dimana aliran udara di dalam ruangan tersebut terjadi secara alamiah melalui jendela, pintu, lubang angin. ventilasi buatan yaitu dgn mempergunakan alat-alat khusus untuk mengalirkan udara tersebut. Mis. Kipas angin, penghisap udara. Cahaya Kurang cahaya  merupakan media yg baik u/ hidup dan berkemb. bibit-bibit penyakit. Kelebihan cahaya  menyebabkan silau dan merusak mata. Luas Bangunan Rumah  sesuaikan dengan penghuninya. Fasilitas2 di dlm rumah sehat  PAB yg cukup, WC,limbah RT. Dsb.
  • 6. Pembuangan kotoran manusia Ad/ semua benda atau zat yang tidak dipakai lagi oleh tubuh dan harus dikeluarkan dari dalam tubuh berbentuk tinja (faeces), urine. Air tangan lalat tanah Tinja Makanan, Minuman, Sayur2 dll Penjamu (host) Mati Sakit Skema penyebaran penyakit yg bersumber pada tinja
  • 7. Syarat-syarat jamban yang sehat Tidak mengotori permukaan tanah disekeliling jamban tersebut. Tidak mengotori air permukaan di sekitarnya. Tidak mengotori air tanah disekitarnya. Tidak dapat terjangkau oleh serangga (lalat dan kecoa) Tidak menimbulkan bau Mudah digunakan dan dipelihara Sederhana desainnya Murah Dapat diterima oleh pemakainya.
  • 8. Penyediaan Air Bersih Tubuh orang dewasa sekitar 55-60% berat badan terdiri dari air, untuk anak2 sekitar 65% dan untuk bayi sekitar 80%. Menurut WHO untuk negara maju  air 60 – 120 liter/hari Negara sedang berkembang (Indonesia)  air 30 – 60 liter/hari
  • 9. Syarat-syarat air minum yang sehat Syarat Fisik Bening (tak berwarna), tidak berasa, suhu dibawah suhu udara diluarnya. Syarat Bakteriologis Bebas dari bakteri patogen Syarat Kimia Mengandung Fluor, Chlor, Arsen, Tembaga, Besi, Zat organik, pH , CO2
  • 10. Sumber air minum Air hujan  ditambahkan kalsium Air sungai dan danau  air permukaan (diolah) Mata air  air tanah yg muncul sec. alamiah Air sumur dangkal  air yg keluar dari dlm tanah + 5 s/d 15 m dari permukaan tanah (tidak dapat diminum langsung) Air sumur dalam  air yg berasal dari lapisan air kedua didalam tanah (diatas 15 meter)  dpt diminum secara langsung.
  • 11. Pengolahan air minum secara sederhana Pengolahan sec. alamiah : penyimpanan  endapan. Pengolahan air dgn menyaring  dgn kerikil, ijuk,pasir Pengolahan air dgn menambahkan zat kimia (Tawas  Pengendapan, Chlor  membunuh bibit penyakit Pengolahan air dgn mengalirkan udara  menghilangkan rasa serta bau yang tidak enak dan menghilangkan gas-gas yang tidak diperlukan. Pengolahan air dgn memanaskan sampai mendidih  membunuh kuman2 yg terdpt pada air.
  • 12. Pembuangan sampah Sampah adalah sesuatu bahan atau benda padat yang sudah tidak dipakai lagi oleh manusia, atau benda padat yang sudah digunakan lagi dalam suatu kegiatan manusia dan dibuang. Menurut ahli kesmas Amerika Sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang, yang berasal dari kegiatan manusia, dan tidak terjadi dgn sendirinya.
  • 13. Sumber-sumber sampah Sampah yg berasal dari pemukiman  RT Sampah yg berasal dari tempat umum  Pasar, terminal dll Sampah yg berasal dari perkantoran  kertas, plastik, dll Sampah yg berasal dari jalan raya  kertas, debu, batu, pasir dll Sampah yg berasal dari industri  logam, plastik, kayu dll Sampah yg berasal dari pertanian  jerami, batang padi dll Sampah yg berasal dari pertambangan  batu-batuan, cadas, dll Sampah yg berasal dari peternakan dan perikanan
  • 14. Jenis-jenis sampah Sampah Padat Sampah Cair  limbah Sampah dlm bentuk gas  asap kendraan
  • 15. Sampah padat Berdasarkan zat kimia  sampah anorganik (tdk busuk) mis. Logam, plastik dll, organik (busuk) mis. Sisa makanan, daun-daunan dll. Berdasarkan dpt dan tidaknya dibakar Mudah terbakar  kertas, karet, kayu dll Tidak dapat terbakar  kaleng, besi atau logam dll Berdasarkan karakteristik sampah : Garbage (sampah hasil pengolahan yg mudah membusuk), rabish (sampah yg berasal dari perkantoran yg mudah dan tidak mudah terbakar), abu, sampah jalanan, sampah industri, bangkai binatang, sampah pembangunan.
  • 16. Cara Pengelolaan Sampah Pengumpulan dan pengangkutan sampah Pemusnahan dan pengolahan sampah - Ditanam  dimasukkan kedalam lubang - Dibakar  open dumping, incenerator - Dijadikan pupuk  kompos
  • 17. Air Limbah Air limbah ad. Sisa air yg dibuang yg berasal dari RT, industri maupun tempat2 umum, dan pd umumnya mengandung bahan2 yg dapat membahayakan kesehatan manusia shg mengganggu lingkungan hidup. Air limbah ad. Kombinasi dr cairan & sampah cair yg berasal dari daerah pemukiman, perdagangan, perkantoran dan industri, bersama-sama dengan air tanah, air permukaan dan air hujan yang memungkinkan ada (Haryoto Kusnoputranto, 1985)
  • 18. Sumber air limbah berasal Domestic Wastes  limbah yg berasal dari pemukiman penduduk (tinja dan urine) Industrial Wastes Water  limbah yg berasal dari berbagai jenis industri akibat proses produksi  dibutuhkan pengolahan lebih lanjut. Munikal Wastes Water  limbah yg berasal dari daerah perkantoran, perdagangan, hotel, restoran, STTU, tempat ibadah dsb.
  • 19. Karakteristik Air Limbah Karakteristik air limbah perlu dikenal, krn hal ini akan menentukan cara pengolahan yg tepat, shg tidak mencemari lingkungan hidup. Karakteristik Fisik Karakteristik Kimia Karakteristik Bakteriologis
  • 20. Cara Pengolahan air limbah sec. Sederhana Pengenceran (Dilution) Air limbah diencerkan sampai mencapai konsentrasi yg cukup rendah, kemudian baru dibuang ke badan air. Kolam Oksidasi (Oxidation Pound) Dgn memanfaatkan sinar matahari, ganggang (algae) bakteri dan oksigen dalam proses pembersihan alamiah. Irigasi Air limbah dialirkan ke dalam parit-parit terbuka yang digali, dan air akan merembes masuk kedlm tanah melalui dasar dan dinding parit tersebut.
  • 21. Dampak yg ditimbulkan air limbah terhadap kesmas dan lingkungan bila tidak diolah dengan benar Menjadi transmisi (media) penyebaran berbagai penyakit terutama kolera, Menjadi media berkembangbiaknya mikroorganisme patogen Menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk atau tempat hidup larva nyamuk. Menimbulkan bau yang tidak enak serta pandangan yang tidak sedap. Merupakan sumber pencemaran air permukaan, tanah, dan lingkungan hidup lainnya. Mengurangi produktivitas manusia, krn orang bekerja dgn tidak nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar