Kamis, 24 Januari 2013

Cara Menghindari Penyebab Terjadinya Stroke | Tips Kesehatan | Mencegah Dan Mengobati Penyakit Stroke



Cara Menghindari Penyebab Terjadinya Stroke | Tips Kesehatan | Mencegah Dan Mengobati Penyakit Stroke - Perlu para sobat tau bahwa sudah banyak sekali manusia meninggal oleh Penyakit Stroke. lalu apa sih penyakit ini dan apa gejala nya serta penyebabnya, apa bisa kita menghindari nya ?. Berita Terbaru, Sekitar satu miliar orang di dunia berisiko terkena penyakit jantung dan stroke akibat kegemukan, dan 17 juta orang setiap tahunnya meninggal karena kedua penyakit ini. Di Indonesia penyebab kematian, penyakit jantung berada di urutan pertama (42,9%), dan Stroke urutan kedua (25,9%). Apa itu penyakit Stroke ? Penyakit ini adalah penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan rusaknya jaringan otak . Ada 2 macam penyakit stroke, yaitu kerusakan jaringan otak akibat penyumbatan / penyempitan ( infark ) dan akibat perdarahan pembuluh darah otak ( bleeding ). Penyakit ini ditandai dengan adanya gejala gejala menurunnya fungsi susunan saraf bisa dibagi 2 jenis yaitu : Stroke iskemik ( infark ) dan Stroke hemoragik ( bleeding ),... 

Penyakit Iskemik yaitu tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. sebagian besar dari kasus adalah Iskemik. Stroke Iskemik ini bisa terjadi karena adanya gumpalan darah yang menyumbat aliran darah ke otak serta berkurangnya aliran darah ke otak akibat daya dorong jantung yang lemah. Hemoragik disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Penyakit hipertensi sering menjadi penyebabnya. untuk penyakit hemoragik ada dua jenis, yaitu :
  1. Hemoragik Intraserebral : pendarahan terjadi dalam jaringan otak.
  2. PHemoragik Subaraknoid : pendarahan terjadi pada ruang subaraknoid ( ruang sempit antara permukaan otak & lapisan jaringan ).
Gejala penyakit ini tergantung pada bagian otak yang mengalami penyumbatan dan luasnya area otak yang terkena. Berdasarkan lokasinya di tubuh, gejalanya penyakit stroke terbagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut :
  1. Bagian sistem saraf pusat : Kelemahan otot kiri dan kanan atau sebagian ( hemiplegia ), kaku, menurunnya fungsi sensorik. 
  2. Batang otak, dimana terdapat 12 saraf kranial : menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refkleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah.
  3. Cerebral cortex : daya ingat menurun, dan kebingungan.
Penyempitan & penyumbatan pembuluh darah sering diderita orang usia di atas 40 tahun oleh karena beberapa sebab seperti menurunnya elastisitas pembuluh darah dan atherosklerosis. Untuk mengurangi risiko tersebut maka disarankan agar sejak dini kita berolahraga, menghindari rokok, alkohol dan menghindari kegemukan. Faktor resiko medis : Hipertensi ( penyakit tekanan darah tinggi ), kolesterol, Aterosklerosis ( pengerasan pembuluh darah ), gangguan jantung, penyakit kencing manis ( diabetes ), dan adanya riwayat keluarga. Faktor resiko perilaku, antara lain merokok (aktif & pasif), makanan yang tidak sehat ( junk food, fast food ), alkohol, kurang olah raga, mendengkur, kontrasepsi oral, narkoba, obesitas,... 

Penyakit stroke yang ringan seringkali dapat kembali sehat seperti sediakala, namun yang berat sering kali meninggalkan sisa gejala yang sulit dikoreksi. Seperti penurunan gerakan lengan, tungkai, bicara. Gejala sisa lainnya bisa berupa penurunan daya ingat dan daya pikir, depresi, sulit menelan dan lain lain. Ada beberapa cara untuk bisa meng hindari stroke, karna penyakit ini sangat berbahaya dan mungkin kiat ini bisa menurunkan catatan pemerintah mengenai kematian akibat penyakit yang ganas ini, ini dia kita nya :
  1. Stop Merokok.
  2. Rajin berolah raga.
  3. Hindari Stress dan Depresi.
  4. Makanan bergizi.
  5. Hindari Alkohol dan minuman keras.
Semoga dengan tulisan ini makin banyak yang bisa mengetahui akan penyakit stroke, agar tidak terkena penyakit ini, semoga dengan mengetahui ini semua saya bisa menguranginya, sukur sukur tidak lagi melakukannya agar bisa menghindari penyakit Stroke. Semoga Tips Cara Menghindari Penyebab Terjadinya Stroke Bisa bermanfaat buat sobat dan jangan lupa tambahkan jaringan teman diKolom Blog GRATIS ( follow up me ),...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar