Sabtu, 19 Januari 2013

Buah Beri, Tameng Wanita dari Sakit Jakit Jantung & Kanker Payudara


Ilustrasi/dok
JAKARTA—Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan. Misalnya, konsumsi buah beri ternyata mampu mempromosikan kesehatan wanita mulai dari melindungi jantung hingga mencegah kanker payudara.
Penelitian terbaru oleh tim peneliti dari Harvard University, mengevaluasi data dari 93.600 wanita yang berpartisipasi dalam Nurses Health Study II, yang dimulai pada tahun 1991. Peserta diminta melaporkan makanan apa saja yang dikonsumsinya dengan menuliskannya dalam jurnal.
Dari studi tersebut, peneliti menemukan bahwa wanita yang memenuhi asupan flavonoid dan fitonutrien tertinggi, memiliki kondisi fisik yang lebih sehat. Flavonoid dan fitonutrien banyak ditemukan pada buah beri yang menawarkan sifat antioksidan yang kuat.
Berikut adalah 8 alasan mengapa wanita perlu mengonsumsi buah beri untuk kesehatannya, seperti dilansir emaxhealth, Kamis (17/1/2013) antara lain:
1. Menurunkan risiko serangan jantung
Berdasarkan penelitian yang berlangsung sekitar 18 tahun masa studi, peneliti menemukan bahwa wanita yang memenuhi asupan antosianin dalam tingkat tertinggi, mengalami penurunan risiko serangan jantung hingga 32 persen.
Temuan tersebut pun telah memperhitungkan faktor lain seperti indeks massa tubuh, aktivitas fisik, asupan lemak jenuh, konsumsi alkohol dan kafein, dan riwayat keluarga yang pernah mengalami serangan jantung. Untuk memenuhi kebutuhan antosianin, mekanlah lebih dari 3 porsi buah blueberi atau stroberi setiap minggunya.
Bahkan konsumsi buah beri tersebut efektif memberikan perlindungan terhadap jantung melebihi manfaat yang ditawarkan oleh makanan lain yang mengandung antosianin seperti buah-buahan dan sayuran lainnya, misalnya terong.
2. Mencegah kepikunan
Buah beri dapat meningkatkan kesehatan otak dan hilangnya memori, menurut sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Kandungan fitonutrien dalam buah beri dapat mencegah aktivitas di otak yang berhubungan dengan homeostasis kalsium, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan otak.
Buah beri juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi faktor risiko degenerasi sel-sel otak, sedangkan blueberi sendiri terbukti mampu memperkuat kemampuan otak untuk menyimpan memori. Selain itu, buah beri dapat mengubah cara sel-sel otak berkomunikasi satu sama lain, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah kerusakan sel.
3. Mencegah kanker payudara
Buah beri dapat membantu mencegah pertumbuhan kanker payudara. Para peneliti melakukan 2 percobaan terpisah dan melaporkan bahwa bluberi mampu mengurangi ukuran tumor kanker payudara sebesar 60 sampai 75 persen pada tikus. Konsumsi buah beri juga dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara pada hewan.
4. Mencegah komplikasi diabetes
Para peneliti di Warwick Medical School baru-baru ini melaporkan bahwa ekstrak buah stroberi dapat mengaktifkan protein dalam tubuh yang pada gilirannya mempromosikan kesehatan jantung. Hal ini penting bagi pasien diabetes, yang berada pada risiko tinggi penyakit jantung.
Stroberi mengandung flavonoid yang disebut fisetin, yang dapat membantu mengontrol lonjakan gula darah sehingga dapat mencegah komplikasi diabetes.
5. Perlindungan terhadap kanker kolorektal
Buah raspberi telah menunjukkan beberapa kemampuan untuk melindungi terhadap kanker usus besar dan rektum (kolorektal).
6. Menurunkan berat badan
Konsumsi jus buah blue beri diketahui mampu membantu mengurangi berat badan dan mempromosikan berat badan yang ideal.
7. Melindungi dari asma
Suatu senyawa yang ditemukan dalam buah blueberi yang disebut dengan pterostilbene mampu melindungi seseorang dari asma.
8. Menurunkan kolesterol
Blueberi dan buah beri yang lain tidak mengandung lemak sama sekali sehingga aman untuk dikonsumsi, bahkan baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar