Sabtu, 19 Januari 2013

Manfaat daun sirih

Manfaat daun sirih sudah dikenal oleh banyak orang sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai jenis pernyakit. Orang-orang Asia telah menggunakan daun sirih sejak dahulu dan memang khasiatnya sudah terbukti melalui berbagai penelitian. Oleh sebab itu, hingga saat ini daun sirih banyak dijadikan berbagai ramuan herbal untuk kesehatan.

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai bahan dasar berbagai obat-obatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan daun sirih yang memang sangat bermanfaat dan bisa menyembuhakan bronkitis, diare, mimisan, dan sakit gigi.

Khasiat Daun Sirih

manfaat daun sirih
Bronkitis
Ambil 6 sampai 7 lembar daun sirih lalu dipotong halus. Masak saun sirih campur dengan sedikit gula ke dalam dua gelas air. Biarkan sampai mendidih dan tersisa satu gelas saja. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

Diare
Ambilah daun sirih sebanyak 4-6 buah, tambahkan 6 biji lada halus dan satu sendok makan minyak kelapa. Tumbuk hingga halus kemudian usapkan tumbukan daun sirih tadi ke perut dan ulangi sampai diare benar-benar mampet

Mimisan
Manfaat daun sirih yang lain adalah membantu menghentikan mimisan. Caranya ambil selembar buah daun sirih dan linting atau gulung daun sirih untuk menymbat hidung yang mimisan.

Sakit Gigi
Jika mengalami masalah sakit gigi, Anda dapat mencoba daun sirih untuk mengobatinya.Cara adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air tunggu sampai mendidih dan hanya terisisa 1 gelas air. Gunakan air tersebut untuk berkumur sampai sakit gigi anda hilang.
Itulah beberapa manfaat daun sirih yang bisa kita dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar