Sabtu, 19 Januari 2013

Manfaat kopi untuk kesehatan t

Manfaat kopi untuk kesehatan ternyata banyak sekali, meskipun terkadang banyak orang yang beranggapan jika kopi termasuk minuman yang tidak sehat. Jika anda berfikir demikian berarti anda salah besar, memang benar kopi tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.
Akan tetapi jika anda meminum kopi dengan jumlah yang sedang, justru anda akan mendapatkan manfaat kesehatan dan mencegah berbagai pernyakit. Berdasarkan penelitian, kopi mengandung banyak antioksidan yang diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari radikal bebas.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Mengobati Diabetes
Kandungan asam klorogenat di dalam kopi dapat menghambat penyerapan gula di saluran pencernaan. Banyak penelitian juga membuktikan banhwa meminum kopi dapat menurunkan resiko diabetes hingga 50 persen. Selain itu asam klorogenat juga berperan penting dalam pembentukan insulin.
Manfaat kopi untuk kesehatan
Mengurangi Resiko Stroke
Sebuah study kasus yang dilakukan pada beberapa wanita menunjukkan jika wanita yang mengkonsumsi kopi lebih rendah resikonya terkenan kanker dari pada yang tidak. Sementara itu penelitian lain di Finlandia juga membenarkan pernyatan tersebut.
Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan yang cukup banyak pada kopi dapat mencegah beberapa jenis kanker. Seperi yang dilakukan pada sebuah penelitian di Jepang menunjukkan wanita yang minum setidaknya 2 cangkir kopi sehari memiliki resiko 25% lebih rendah terkena kanker usus besar.
Mengurangi Resiko Liver
Kopi juga sudah teruji mampu mencegah sirosis hati.dan beberapa penyakit hati lainnya. Hal ini terjadi kerena kandungan antioksidan dan kafein di dalam tiap biji kopi. 

Dampak Negatif Meminum Kopi Secara Berlebihan

Meskipun banyak sekali manfaat kopi untuk kesehatan akan tetapi meminumnya dalam jumlah yang besar justru malah akan memicu berbagai pernyakit. Beberapa pernyakit tersebut diantaranya jantung berdebar, insomnia, hipertensi dan masalah kesehatan lainnya.
Karena kandungan kefein yang cukup banyak pada kopi, tidak dianjurkan bagi seorang ibu hamil mengkonsumsi kopi karena dapat menyebabkan keguguran. Itulah beberapa dampak negatif dan manfaat kopi untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar