Sabtu, 19 Januari 2013

Makanan Sehat Bergizi yang Wajib Anda Konsumsi

Saat ini mungkin sulit rasanya untuk menemukan makanan sehat dan bergizi. Kebanyakan makanan yang ada di pinggir jalan menggunakan penyedap rasa yang mengandung bahan pengawet. Belum lagi ulah para pedangang yang nakal yang hanya mementingkan untung semata tanpa memperdulikan kesehatan para pelanggannya.

Agar hidup kita selalu sehat, kita harus selektif dalam memilah dan memilih makanan. Karena apa yang masuk ke mulut kita akan diserap oleh tubuh, maka kita harus pandai-pandai menyeleksi makanan yang benar-benar dibutuhkan tubuh. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan sehat yang wajib anda konsumsi bersama keluarga anda.
Buah Apel
Apel merupakan salah satu sumber anti oksidan yang baik untuk memerangi radikal bebas. Selain itu apel juga bermanfaat untuk menghasilkan zat-zat jahat yang ada di dalam tubuh yang mengakibatkan penuaan dini sekaligus sumber pernyakit. Bahkan studi lain membuktikan bahwa wanita dewasa yang sering mengkonsumsi apel setiap hari dapat terhindar dari kemungkinan terkena pernyakit jantung.
Sayuran Hijau
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung. Jika sering mengkonsumsi sayuran hijau maka secara signifikan dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Selain itu kandungan vitamin dan nutrisi lain di dalam sayur sangat baik bagi kesehatan dan kekebalan tubuh.
Blueberry 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School, seseorang yang banyak makan blueberry cenderung tidak menderita penurunan kognitif, dibandingkan dengan orang lain yang tidak mengkonsumsi buah blueberry. Selain itu dilihat dari studi lain yang dilakukan oleh para ilmuwan di Texas Woman University, buah blueberry terbukti dapat membantu untuk mengendalikan obesitas. Kandungan polifenol, yang berlimpah dalam blueberry, telah terbukti mengurangi berkembangnya sel-sel lemak atau adipogenesis.
Ubi Jalar 
Salah satu studi yang dilakukan Amerika Serikat, mereka membandingkan nilai gizi yang terkandung pada ubi jalar dengan sayuran lainnya. Dan hasilnya, ubi jalar menempati posisi pertama sebagai makanan yang mengandung vitamin A dan C, zat besi, kalsium, protein dan karbohidrat paling banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar