Sabtu, 19 Januari 2013

Rutin Rawat Gigi dan Gusi Bisa Kurangi Risiko Kelahiran Prematur


Rutin Rawat Gigi dan Gusi Bisa Kurangi Risiko Kelahiran Prematur
Liputan6.com, Jakarta :
Wanita hamil yang senantiasa menjaga kebersihan gigi dan gusi diperkirakan dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.
Meskipun hubungan antara penyakit gusi dan kelahiran prematur masih belum jelas, yang pasti, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa meningkatkan kesehatan mulut dapat mengurangi risiko tersebut.
Sebelumnya, dokter telah mengatakan bahwa infeksi gusi parah dapat menyebabkan peningkatan produksi prostaglandin dan faktor tumor nekrosis, bahan kimir yang menginduksi persalinan untuk diproduksi.
Kelahiran prematur didefinisikan sebagai bayi yang lahir sebelum 37 minggu kehamilan. Dan secara historis telah dikaitkan dengan minimnya ilmu tentang kesehatan gigi dan mulut.
Di Inggris, tercatat sebanyak 54.000 bayi lahir prematur setiap tahunnya.
Penelitian baru yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology, menemukan terjadi penurunan sebanyak 34 persen risiko kelahiran prematur bagi ibu hamil yang menderita penyakit gusi dan ibu tersebut rajin melakukan perawatan sederhana ke dokter gigi ata ahli kesehatan.
Kepala Eksektuif Yayasan Kesehatan Gigi Inggris, Dr Nigel Carter, menegaskan perlunya ibu hamil untuk senantiasa menjaga kesehatan mulutnya selama masa kehamilan.
"Tulisan ini menambah semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan mulut selama kehamilan sangat penting. Meskipun tidak masuk akal untuk mengharapkan semua orang memiliki kesehatan mulut yang sempurna, semua wanita hamil tidak boleh mengabaikan mutunya, terutama jika ada kemungkinan memiliki dampat pada bayi yang belum lahir," kata Nigel seperti dilansir Daily Mail, Selasa (1/1/2013)
Nigel menambahkan bahwa sangat penting melakukan pertemuan rutin dengan dokter gigi. Dan hal seperti ini tidak dapat diremehkan.
"Dokter gigi atau ahli kesehatan mulut mungkin dapat memberikan nasihat tentang cara merawat gigi di rumah jika Anda menderita morning sickness. Belum lagi pembersihan secara menyeluruh dan saran tentang cara untuk menjaga gigi dan gusi di rumah," ucap Nigel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar