Sabtu, 19 Januari 2013

Inilah Obat Herbal Atasi Seriawan


Daun jinter (togakita.com)
Daun urat (iptek.net.id)
Daun legetan (wikipedia.or.id)
Artis FTV Cecilia Vickend telah meninggal dunia karena kanker lidah yang tiga tahun dideritanya. Banyak yang masih awam dengan kanker lidah. Gejala awal penyakit ini yakni muncul seriawan yang berulang.
Saat seriawan, produksi air liur tidak normal. Air liur sering banyak sekali seperti benang atau berlendir. Lidah dan gusi meradang dan terasa sakit. Kadang-kadang terdapat radang mulut seperti umpama pada panas dalam tetapi tidak terdapat seriawan.
Berikut pengobatan tradisional herbal untuk mengatasi seriawan sebagaimana dikutip dari Atlas van Indische Geneeskrachtige Planten Bij Wenken en Raadgevingen Betreffende Het Gebruik Van Indische, Vruchten Enz yang disusun J Kloppenburg Versteegh.
-        Getah sana merupakan obat yang baik. Getah ini dilarutkan dalam air panas dan digunakan hangat untuk berkumur. Jika tidak ada getahnya, kita juga bisa menggunakan kulit batangnya. Seriawan dalam mulut hanya menjengkelkan tetapi tidak berbahaya dan agak mudah disembuhkan. Seriawan dalam mulut juga bisa merupakan penyakit yang bandel yang melemahkan tubuh dan sangat sulit disembuhkan. Sebab musabab penyakit ini sering sukar untuk diketahui. Yang pasti adalah suhu dalam tubuh yang tinggi, makanan terlalu berat dan higiene yang jelek. Dot bayi yang kotor sering merupakan sumber penularan. Anak-anak yang menderita seriawan beraknya selalu jelek dan bau.
-        Obat yang sudah lama digunakan adalah mengunyah kepala bunga legetan raksasa yang dikenal sebagai kembang seriawan.
-        Mengunyah daun jinten merupakan obat terhadap seriawan dan membersihkan mulut. Sarinya boleh ditelan.
-        Dua daun saga segar direbus dalam dua botol air sampai air tinggal setengah. Ramuan ini diminum dalam sehari. Ramuan ini cepat menjadi asam, karena itu harus dibuat tiap hari.
-        Anak-anak yang menderita seriawan mulut diberi minyak asem atau madu asem.
-        Obat lain yang baik untuk anak-anak adalah sirup dari bunga belimbing wuluh direbus dalam sedikit air dengan gula merah sampai kental. Tambahkan sedikit brandewijn. Taruh sedikit sirup pada sepotong kain dan bersihkan mulut anak dengan kait tersebut.
-        Bagi anak yang sangat kecil, cairan sawi bekerja lebih baik untuk membersihkan mulut.
-        Bayi menyusui yang tertular penyakit dari ibunya, mulutnya dua kali sehari harus dibersihkan dengan cairan dua daun urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar