Sabtu, 19 Januari 2013

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting bagi seorang ibu saat berada pada masa kehamilan. Asupan nutrisi yang tepat akan menjamin kesehatan janin dan bayi saat lahir.Tetapi biasanya para ibu hamil cenderung malas makan dan lebih suka ngemil, dengan demikian kebutuhan nutrisi sang janin tidak tercukupi. Berikut adalah berapa makanan yang bermanfaat bagi kehamilan.

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

1. Telur
Telur adalah bisa dikatakan sebagai kumpulan protein yang dikemas dalam sebuah cangkang. Selain kaya akan kandungan protein telur juga mengandung 12 vitamin dan mineral lainnya. Beberapa telur bahkan diperkaya dengan DHA, yaitu sejenis asam lemak omega-3 yang baik bagi ibu dan bayi. Namun demikian telur mengandung kolesterol yang cukup  tinggi, akan tetapi wanita dengan kadar kolesterol normal dapat mengkonsumsi hingga dua telur per hari tanpa masalah apapun.

2. Alpukat dan Kacang-Kacangan
Makanan Sehat Untuk Ibu HamilAlpukat dan kacang-kacangan merupakan makanan sehat untuk ibu hamil karena kaya akan lemak yang bermanfaat yang penting untuk perkembangan otak bayi. Alpukat juga kaya akan asam folat, yang baik untuk perkembangan sistem saraf bayi. Kandungan lain pada alpukat adalah vitamin B6, vitamin C, dan potasium.

3. Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau merupakan sumber vitamin yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan jenis makanan lainnya. Selain itu sayuran hijau cenderung rendah kalori, sehingga tidak akan begitu mempengaruhi berat badan anda. Sayuran berdaun hijau mengandung asam folat, zat besi, vitamin A, dan bahkan kalsium.

4. Olahan Susu
Seperti yang kita ketahui, susu kaya akan kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Jenis olahan susu yang merupakan sumber kalsium yang baik antara lain keju, yogurt, dan susu. Selain itu, susu juga pemasok protein dan asam folat.

5. Ikan salmon
Salmon memang memiliki banyak manfaat selama masa kehamilan, namun Anda juga harus berhati-hati karena tidak dianjurkan mengkonsumsi lebih dari 12 ons per minggu. Salmon sarat akan protein, omega-3 asam lemak, asam folat dan juga kalsium. Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar