Kamis, 24 Januari 2013

Cara Mengobati Penyakit Kanker Payudara





Cara Mengobati Penyakit Kanker Payudara – Banyak cara yang digunakan untuk mengobati penyakit kanker payudara. Pada dasarnya pengobatan dan penanganan kanker payudara tergantung dari kategori penyakitnya. Terdapat dua tipe kanker payudara:
  1. Kanker non invasive adalah kanker dimana terletak di kantung (tube) susu. Dimana kanker kategori ini belum menyebar ke bagian luar jaringan dari kantng susu.
  2. Kanker payudara invasive adalah kanker yang telah menyebar keluar bagian kantung susu dan menyerang jaringan sekitarnya sehingga dapat menyebabkan penyebaran (metastase) kebagian tubuh lain melalui peredaran darah seperti kelenjar lympa.
Pada dasarnya, sebaiknya jangan malu untuk bertanya kepada dokter anda apabila terdapat kelainan di sekitar payudara anda. Pada umumnya seorang penderita kanker payudara akan terdeteksi apabila sudah sampai stadium lanjut. Berikut adalah beberapa cara mengobati kanker payudara:
1Pembedahan, Apabila kanker payudara sudah diketahui sejak dini, maka akan dilakukan pembedahan oleh dokter dengan mengangkat benjolan serta beberapa bagian yang berada disekitar tumbuhnya kanker. Bekas pengangkatan akan digantikan oleh jaringan otot lain. Terdapat 3 operasi kanker payudara, diantaranya adalah:
  • Radical Mastectomy, digunakan bagi penderita yang memiliki tumo sekitar kurang dari 2 cm. Radical Mastectomy ini merupakan operasi pengangkatan sebagian dari payudara. Namun setelah dilakukan operasi, maka diikuti oleh pemberian radioterapi kepada pasien.
  • Total Mastectomy, adalah operasi pengangkatan seluruh payudara, tidak sampai ke kelenjar di ketiak.
  • Modified Radical Mastectomy,adalah operasi pengangkatan seluruh payudara, meliputi seluruh jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.
2. Radiotherapy atau proses penyinaran/radiasi adalah proses penyinaran menggunakan sinar X dan sinar gamma pada daerah yang terkena kanker. Penyinaran ini bertujuan untuk membunuh sel kanker yang tersisa di payudara, setelah dilakukan penanganan berupa operasi. Namun ada beberapa dampak setelah dilakukan penyinaran ini, diantaranya tubuh menjadi lemah, nafsu makan berkurang, warna kulit di sekitar payudara menjadi hitam. Selain itu akibat adanya radiasi maka Hb dan leukosit akan menurun.
3. Therapy Hormon, biasanya disebut dengan ‘Therapy anti-estrogen’. Dimana sistem kerjanya melakukan blocking terhadap hormon estrogen yang ada yang dapat menstimulus perkembangan kanker di payudara.
4. Chemotherapy, adalah pemberian obat-obatan anti kanker dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus. Dengan tujuan untuk membunuh sel kanker. Dampak dari kemoterapy adalah pasien mengalami mual dan muntah serta rambut rontok karena pengaruh obat-obatan yang diberikan pada saat kemoterapi.
5. Pengobatan Herceptin, adalah therapy biological yang dikenal efektif melawan HER2-positive pada wanita yang mengalami kanker payudara stadium II, III dan IV dengan penyebaran sel cancernya.
Sebelum terlambat sebaiknya ada baiknya anda melakukan beberapa cara mencegah terjadinya kanker payudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar