Sabtu, 19 Januari 2013

Banjir, Tak Berarti Pola Hidup Sehat Terhenti

detail berita
Pengungsi banjir (Foto: Google)
MENJAGA kebersihan saat terkena banjir adalah salah satu cara agar Anda terhindar dari serangan penyakit. Perilaku hidup sehat ini harus dijalankan, agar seluruh masyarakat bisa mencegah gangguan kesehatan yang banyak tersebar pada musim penghujan dan banjir sekarang ini.

Lingkungan yang tidak bersih saat banjir mungkin menjadi pemandangan umum saat ini. Banyak sampah yang terbawa arus dan kontaminasi air banjir bisa menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti gatal-gatal hingga penyakit mematikan seperti DBD dan leptospirosis.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, masyarakat harus menjaga perilaku hidup sehat, sebagaimana disampaikan Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingering (P2PL), Kementerian Kesehatan RI dalam rilis yang diterima redaksi Okezone. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan:

- Makan/minum yang baik dan bersih (selalu makanan yang sudah dimasak),
- Jangan jajan sembarangan
- Istirahat yang cukup
- Tetap upayakan kebersihan diri dan lingkungan
- Jangan buang sampah sembarangan
- Senantiasa melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Lima titik kritis CTPS , yaitu sebelum makan, sebelum mengolah makanan, setelah BAB, setelah menceboki anak, dan setelah memegang lingkungan yang kotor dan hewan.
- Selain itu, bila ditempat pengungsian, maka masyarakat perlu bersama-sama menjaga kebersihan di lokasi pengungsian, baik dari sisi pengolahan sampah, pengolahan limbah cair dan BAB, serta BAK di tempat yang sudah disediakan
-Anak-anak, balita dan orangtua perlu mendapat prioritas tempat yang lebih baik dan sehat
- Sebaiknya makanan segar agar segera dikonsumsi
-Selain itu, kalau ada keluhan kesehatan berkepanjangan, maka hubungi petugas kesehatan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar