Sabtu, 12 Januari 2013

Bakteri Perlukan Zat Besi untuk Sebarkan Penyakit


Bakteri Perlukan Zat Besi untuk Sebarkan Penyakit
TERHINDAR dari penyakit anemia merupakan salah satu tanda seseorang memiliki zat besi yang cukup dalam tubuhnya. Namun selain menangkal serangan anemia, zat besi juga berperan penting dalam menangani masalah terkait dengan metabolisme.

Melalui penelitian yang dilangsungkan di Kansas State University, menunjukkan bagaimana zat besi sangat penting untuk menangani masalah infeksi dan metabolisme. Tim dalam penelitian tersebut menemukan bahwa zat besi sangat dibutuhkan oleh bakteri untuk menimbulkan penyakit dalam tubuh manusia. Penelitian yang dilakukan bersamaan dengan University of Oklahoma tersebut menunjukkan bagaimana bakteri menyerang tubuh hewan untuk menyebarkan penyakit.

Ketua penelitian, Phillip Klebba, menemukan bahwa bakteri E. coli, salah satu bakteri mematikan yang menyebabkan infeksi lambung perlu mendapatkan zat besi dari tubuh. Pasalnya, zat besi yang diserap oleh bakteri ini kemudian berperan sebagai penentu kekuatan mereka untuk menyebarkan penyakit. Klebba memaparkan, penelitian ini menunjukkan fungsi penting zat besi bagi bakteri dan penyebaran infeksi dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar