Buah ini tidak cuma gampang di cerna, namun juga memiliki kandungan 9 kandungan gizi serta mengembalikan energi. di banding buah lain, pisang memanglah  gampang di nikmati dikarenakan tak perlu lagi diolah.
Asal tahu saja, satu pisang yang masak dapat memiliki kandungan 99 gram ( gr ) kalori, 1, 2 gr protein, 0, 2 gr lemak, 25, 8 miligram ( mg ) karbohidrat, 0, 7 gr serat, 8 mg kalsium, 28 mg fosfor, 0, 5 mg besi, 44 re vit. a, 0, 08 mg vit. b, 3 mg vit. c serta 72 gr air.
Tetapi untuk memperoleh faedahnya, anda butuh cermat menentukan. pasalnya cuma pisang yang masak saja yang bisa merubah gula darah jadi glukosa alami, dan cepat diabsorsi ke didalam peredaran darah.
Tanda-tanda pisang yang masak, yaitu pisang yang kulitnya berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning. seluruh kandungan didalam pisang masak tersebut, dapat berikan sebagian faedah kesehatan, terlebih untuk :
1.Sumber tenaga
pisang bisa dicerna dengan gampang, hingga gula yang ada didalamnya dapat diubah jadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot serta juga amat bagus untuk menyingkirkan capek.
2.Ibu hamil
Wanita yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi pisang, dikarenakan memiliki kandungan asam folat tinggi yang mutlak untuk kesempurnaan janin, pembentukan beberapa sel baru serta menghindar berlangsung cacat bawaan.
Satu pisang masak, dapat memiliki kandungan lebih kurang 85-100 kalori. hingga memakan dua pisang fresh, keperluan asam folat yang lebih kurang 58 mikrogram bisa terpenuhi. di samping itu pisang dapat menolong melindungi kandungan gula darah yang bisa kurangi morning sick, hingga pisang amat baik untuk camilan ibu hamil.
3.Pasien anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada pisang, bisa merangsang produksi hemoglobin didalam darah untuk pasien anemia. dua buah pisang 1 hari, amat baik untuk pasien anemia.
4.Pasien sakit maag
Sebagai buah yang bisa dikonsumsi segera, pisang tidak bikin iritasi atau rusaknya usus untuk pasien maag. buah ini kerap dipakai untuk melawan penyakit usus, karena teksturnya lembut.
Pisang juga bisa menetralkan berlebihan asam lambung serta melapisi perut hingga dapat kurangi iritasi. untuk yang alami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, anda bisa mengkonsumsinya dengan digabung pada segelas susu cair.
5.Pasien penyakit liver
Untuk pasien liver, dua buah pisang 1 hari dengan tambahan satu sendok madu, dapat baik untuk menambah nafsu makan serta menambah kuat.
6.Pasien luka bakar
spesial untuk pasien luka bakar, anda bisa memakai daun pisang sebagai penyembuhan. langkahnya, kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang serta minyak kelapa. campuran ini dapat mendinginkan kulit yang terbakar.
7.Yang alami stress
Pisang memiliki kandungan potasium, yakni mineral vital yang menolong menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak serta mengatur keseimbangan kandungan air didalam tubuh. saat alami stress, metabolisme tubuh dapat meningkat mencolok hingga kurangi kandungan potasium tubuh. dengan pisang, potasium didalam tubuh kadarnya dapat seimbang.
8.Pasien stroke
Menurut riset the new england journal of medicine, mengonsumsi pisang tiap-tiap hari dapat turunkan efek kematian akibat stroke sampai 40%.
9.Mengontrol temperatur
Di sebagian negara, pisang dilihat sebagai makanan pendingin yang bisa turunkan temperatur fisik serta emosional ibu hamil. di thailand misalnya, ibu hamil mengonsumsi pisang untuk meyakinkan bayi lahir dengan temperatur sejuk.
10.Menambah kemampuan otak
Di suatu sekolah inggris, 200 pelajar dapat merampungkan ujian akhir cuma dengan sarapan pisang. mereka juga sering mengonsumsi pisang waktu jam istirahat dan makan siang, karena pisang dapat menambah kemampuan otak.
Sekolah inggris tersebut adalah responden suatu riset, serta menunjukkan bahwa kandungan potasium pada pisang bikin beberapa pelajar lantas lebih aktif didalam sistem studi.
Di segi lain, pisang juga berguna untuk kecantikan. layaknya juga pada buah-buah lain, layaknya alpukat, bengkuang serta mentimun, pisang juga sering jadikan sebagai masker muka, atau untuk menangani rambut rusak serta menghaluskan tangan.
Pisang juga mempunyai fungsi saat menurunkan atau menaikkan berat badan. sesuatu penelitian sudah menunjukkan, bahwa seseorang dapat turunkan berat badannya dengan berdiet pisang.
Apabila pingin menurunkan berat badan, langkahnya mudah. tiap-tiap hari konsumsilah empat buah pisang serta empat gelas susu non fat atau susu cair didalam 1 hari. kerjakan sepanjang tiga hari didalam 1 minggu.
Dari pisang serta susu tersebut, anda memperoleh 1, 250 kalori. menu ini cukup menyehatkan untuk tubuh anda. tak hanya turunkan berat badan, diet pisang juga menolong kulit muka jadi lebih bersih serta tidak berminyak.
Namun yang pingin menambah bobot tubuh, konsumsilah satu gelas banana shake yang digabung madu, kacang serta mangga, setelah makan. menu ini apabila dikonsumsi tiap-tiap hari, dapat menolong menaikkan berat badan.
Belum banyak yang tahu, bahwa pisang nyatanya juga dapat menolong perokok menangani kecanduan nikotin. kandungan vit. b6 serta b12 yang ada di pisang, bisa menetralisir dampak nikotin didalam tubuh. apalagi enzim bromelain yang terdapat di pisang lalu, dapat dibuktikan bisa menambah libido pria.
Selain pisang,buah-buahan yang mempunyai khasiat luar biasa dalam menyembuhkan penyakit liver adalah Sirsak dan MAnggis. Kedua komponen ini bila disatukan akan menghasilkan obat herbal untuk penyakit liver yang ampuh. JAdi mulai sekarang rajin2 lah mengonsumsi buah2an dan sayuran untuk menghindari serangan penyakit pada tubuh kita.