Rabu, 09 Januari 2013

Tips Makanan Sehat Memilih Makanan Bebas Formalin & Boraks


Tips Makanan Sehat Memilih Makanan Bebas Formalin & Boraks
Tips Makanan Sehat; Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tentulah menjadi salah satu tujuan dalam menciptakan hidup sehat, akan tetapi bagaimana bila makanan tersebut justru mengandung unsur kimiawi berbahaya bagi tubuh.
Dewasa ini banyak sekali makanan yang ditawarkan dipasaran dengan menggunakan bahan pengawet yang tentu saja efek dari pengawet tersbut tidaklah baik untuk tubuh Anda. Tentu banyak sekali masalah yang akan timbul bila salah mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin dan boraks.
Nah supaya  terhindar dari makanan yang mengandung zat berbahaya, maka konsumen harus cermat  memilih. Jangan sembarangan membeli bahan makanan. Apalagi sudah terlihat tanda-tanda mencurigakan pada bahan makanan itu mengandung zat berbahaya.
Berikut adalah tips makanan sehat dan cara cermat dalam memilih makanan sehat dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM):
  1. Tips Makanan Sehat; Yang satu ini wajib sekali anda perhatikan, bahwa pemberian label pada setiap kemasan produk harus anda lihat dengan teliti. Pastikan di label tersebut terdapat izin dari Badan POM. Dan biasanya tertulis pada labe dengan tulisan: POM disusul dengan nomor izin pendaftaran. Untuk produk hasil industri rumah tangga atau home industry harus anda cermati juga yaitu pastikanlah dilabel makanan terdapat tulisan P-IRT dan juga nomor izin pendaftaran.
  2. Tips Makanan Sehat; Tips memilih ikan atau hasil laut lainnya yaitu pastikan tekstur ikan masih kenyal, sisik ikan masih utuh, tidak terkelupas, mata ikan masih menonjol. Ikan yang berformalin tidak akan pernah di hinggapi binatang lalat, nah jadi apabila anda membeli ikan yang di hinggapi lalat justru anda harus merasa tenang karena ikan tersebut tidak mengandung formalin.
  3. Tips Makanan Sehat; Tips Memilih daging sapi yang baik dan sehat yaitu pastikanlah jarak waktu antara masa penyembelihan dan penjualan tidak terlalu lama, supaya daging yang anda konsumsi pun masih sehat dan segar untuk anda masak. Daging sapi yang baik adalah tekstur serat terlihat jelas dan berwarna segar pada dagingnyar.
  4. Tips Makanan Sehat; Tips Memilih daging ayam yaitu pilihlah daging ayam yang warna dagingnya putih segar serta  tidak terdapat luka pada daging dan juga tekstur kulit  daging ayam tidak  membiru.
  5. Tips Makanan Sehat ; Pilihlah bahan makanan mentah dan segar dengan warna yang cerah, dengan demikian anda pun pasti akan lebih sehat bila memilih beberapa bahan makanan mentah dengan cermat dan teliti.
  6. Tips Makanan Sehat; Pilihlah makanan yang tidak diawetkan atau mengandung bahan pengawet karena hal ini dapat memberikan kebaikan yang nyata bagi tubuh anda. memang mengkonsumsi makanan tanpa pengawet nampaknya sedikit repot akan tetapi hal ini justru secara tidak langsung membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Dewasa ini banyak sekali makanan cepat saji yang pastinya mengandung banyak pengawet. nah dari itu lah, ada baiknya anda lebih selektif lagi dalam memilih makanan antara yang diawetkan atau yang menandung bahan pengawet.
  7. Tips Makanan Sehat; Jika anda berniat membeli makanan yang berwarna sebaiknya  baca dan cermati jenis  bahan pewarna yang digunakan pada kemasan makanan serta perhatikan banyak pemberian pewarna yang digunakan dalam produk tersebut.
  8. Tips Makanan Sehat; Untuk produk makanan atau minuman yang tak dikemas secara khusus, ada baiknya  pilihlah makanan/minuman dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Hindari makanan dengan warna merah, kuning, hijau yang terlihat mencolok. Karena bisa saja warna yang terlalu mencolok tersebut bukanlah menggunakan pewarna makanan, akan tetapi menggunakan bahan pewarna tekstil yang pastinya sangat berbahaya untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar