Sabtu, 12 Januari 2013

Vitamin D Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer


Manfaat vitamin DAK99 – Vitamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Setiap jenis vitamin memiliki peran yang berbeda dalam menunjang kesehatan tubuh. Salah satunya adalah vitamin D yang diketahui dapat mencegah beberapa serangan penyakit. Menurut dua penelitian baru, diketahui bahwa vitamin D dapat mengurangi risiko datangnya penyakit Alzheimer pada wanita, terutama wanita dengan usia pertengahan.
Jika anda telah mencukupi kebutuhan akanvitamin D, maka risiko terkena penyakit Alzheimer akan tereduksi. Namun sebaliknya, jika andakekurangan vitamin D, maka risiko akan mengalami gangguan kognitif dan penurunan mental semakin membesar.
Penelitian pertama yang dikepalai Dr. Yelena Slinin, seorang peneliti asal Amerika dari Medical center Minneapolis, menemukan bahwa wanita yang kekurangan vitamin D memiliki risiko lebih besar mengalami gangguan kognitif. Penelitian ini melibatkan lebih dari 6000 wanita yang dianalisa tingkat kadar vitaminnya. Para wanita juga diminta untuk mengikuti tes kemampuan mental.
Hasilnya, para peneliti menemukan wanita yang kadar vitamin D-nya sangat rendah yakni tidak lebih dari 10 nanogram per mililiter serum darah, mempunyai risiko yang lebih besar dan lebih cepat mengalami gangguan kognitif. Selain itu, diantara wanita yang mengalami gangguan kognitif, kekurangan vitamin D (kurang dari 20 nanogram per mililiter) akan berisiko mengalami demensia atau penurunan mental.
Sedangkan pada penelitian kedua juga menyatakan hal yang sama. Penelitian yang diketuai Dr. Cedric Annweiler dari Angers University Hospital, Perancis, melibatkan 489 wanita. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mencukupi kebutuhan akan vitamin D, tidak mudah mengalami penyakit syaraf.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang menderita penyakit Alzheimer, rata-rata hanya mengonsumsivitamin D sebanyak 50,3 mikogram per minggu. Untuk wanita yang mengalami demensia, rata-rata mengonsumsi vitamin D sebanyak 53,6 mikogram per minggu. Sedangkan wanita tanpa penyakit syaraf apapun, mengonsumsi vitamin D rata-rata sebanyak 59 mikrogram per minggu.
Para peneliti menganjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan akan vitamin D agar terhindar dari penyakit-penyakit yang telah disebutkan tadi. Anda dianjurkan untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin D.

Sumber vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin D, anda tidak perlu susah-susah mendapatkannya. Cukup dengan mengonsumsi makanan seperti ikan, susu, keju, mentega, atau suplemen, maka anda telah memenuhi kebutuhan vitamin D. Selain itu, tubuh juga bisa membuat vitamin D sendiri ketika terkena sinar matahari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar