Sabtu, 12 Januari 2013

Bakar Kalori dengan Menapaki Anak Tangga


Bakar Kalori dengan Menapaki Anak Tangga pxleyes.com
SELAIN mengelola pola makan yang baik, menapaki anak tangga bisa menjadi cara yang ampuh dalam membakar banyak kalori lebih banyak dan efektif.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil dari penelitian di University of Roehampton, Inggris. Bukan hanya sekedar membakar banyak kalori, teknik naik dan turun tangga juga disebutkan cukup ampuh dalam membantu meningkatkan aktivitas fisik seseorang.

Ada satu trik terbaik dalam menapaki tangga untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti yang dikutip dari Healthmeup, cara untuk membakar kalori terbanyak saat menapaki anak tangga adalah dengan menapaki satu per satu, bukan dengan melompati beberapa anak tangga sekaligus.

Menurut dr Lewis Halsey, dosen senior dari universitas yang melangsungkan penelitian ini menyatakan bahwa menapaki anak tangga satu per satu akan membakar kalori lebih maksimal walau artinya tiba di lantai tujuan lebih lama.

Dari data yang didapati para peneliti, menapaki anak tangga satu per satu sepanjang 5 lantai ke atas, sama dengan berjalan pada jarak 15 meter, dan ini akan membakar sekitar 302 kalori.  Bagi dr Halsey hal ini berarti mempercepat upaya perpendekan otot sekaligus meningkatkan pergerakan energi.

Senada dengan penelitian tersebut, studi lain, yang dilakukan oleo University of Ulster meneliti kondisi fisik karyawan yang setiap hari menapaki sekitar 145 anak tangga setiap hari. Diketahui, karyawan tersebut menunjukkan stamina yang lebih baik, dibanding mereka yang hanya mengandalkan lift. Sebagai informasi, kecepatan rata-rata yang disarankan oleh peneliti untuk menaiki tangga adalah 75 anak tangga per menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar