Sabtu, 12 Januari 2013

Manfaat Berolahraga bagi Pasien Jantung


Manfaat Berolahraga bagi Pasien Jantung
DARI penelitian pertama yang dilakukan di Liverpool John Moores University, Inggris, menyebutkan bahwa olahraga yang teratur dan dengan intensitas sedikit berat mampu mengaktifkan sel-sel dalam jantung.

Pada akhirnya menurut peneliti, olahraga rutin yang dilakukan tersebut dapat menyembuhkan kerusakan akibat serangan jantung. Diketahui, studi tersebut merupakan penelitian pertama yang menunjukkan bahwa program latihan sederhana tersebut meningkatkan pertumbuhan yang mengaktifkan sel untuk memperbaiki jantung. “Olahraga yang bisa dilakukan meliputi 30 menit lari dan bersepeda setiap hari,” ujar para peneliti.

Kesimpulan yang sebelumnya dipublikasikan dalam European Heart Journal tersebut didapatkan melalui penelitian terhadap tikus uji. Dari hasilnya diketahui bahwa tikus yang aktif secara fisk mampu memproduksi 60 persen sel batang lebih banyak.

“Olahraga ini meningkatkan pertumbuhan yang mengaktifkan sel untuk memperbaiki jantung. Kami berharap ini akan semakin efektif pada jantung yang rusak,” ungkap Georgina Ellison, salah seorang peneliti. Namun demikian, para pasien dengan masalah jantung seringkali mengeluh tidak sanggup untuk melakukan olahraga intensif setiap hari. Untuk itu, peneliti memberikan alternatif lain. “Jalan-jalan pagi selama 30 menit sehari bisa dilakukan tanpa membahayakan kesehatan mereka,” lanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar