Jumat, 11 Januari 2013

Gaya Hidup Sehat



image


Gaya hidup sehat sangat perlu dilakukan oleh kalangan masyarakat, terutama yang tinggal di kota-kota besar. Karena tingkat kompetisi yang tinggi, persaingan yang semakin ketat, polusi yang semakin tinggi, kepadatan penduduk juga semakin tinggi, maka diperlukan cara-cara yang berbeda dibandingkan bila kita tinggal dikawasan pinggiran atau bahkan di pedalaman atau di pegunungan. Gaya hidup yang sehat perlu diterapkan secara kontinyu dalam kehidupan sehari-hari, jika kita tidak ingin stamina tubuh kita melemah, lalu akhirnya menderita suatu penyakit.
Kalau kita ditanya, bagaimana khabar Anda ? Sering kita menjawab dengan kata “sehat”. Tapi, pernahkah kita berpikir apakah kita ini benar-benar sehat atau “sehat” secara klise saja? Ingatkah Anda, kapan terakhir kali Anda cek kesehatan di Laboratorium dan bagaimana hasil cek Lab tersebut? Bagaimana dengan fungsi ke lima organ vital Anda, seperti jantung, otak, paru-paru, liver, ginjal?
Sesungguhnya kata “sehat” seringkali kita identikkan dengan keadaan tanpa keluhan. Apabila kita merasakan keluhan, barulah kita menyatakan bahwa kita sakit. Tapi bila tidak ada keluhan, maka kita merasa diri kita “sehat”. Seseorang yang sudah bertahun-tahun merokok, mungkin akan mengatakan dirinya sehat pada saat dia tidak mengalami keluhan sama sekali. Tapi sebenarnya, banyak sel-sel dalam tubuhnya, terutama sel-sel saluran pernafasan yang sudah rusak, bahkan mati. Pada saat kerusakan masih dapat ditolelir oleh tubuh, maka tubuh sepertinya masih dalam kondisi nyaman. Akan tetapi pada saat kerusakan sudah parah, maka tubuh akan berada dalam kondisi sakit.
Untuk itu diperlukan suatu life style atau gaya hidup sehat agar tubuh kita benar-benar sehat, bukan sehat menurut perasaan kita saja. Cek Laboratorium sangat penting Anda lakukan secara berkala. Usia di atas 40 tahun dianjurkan melakukan check up tiap 6-8 bulan sekali. Dengan demikian Anda akan mengetahui kesehatan dalam parameter yang benar. Selain melakukan check up, yang terpenting adalah melakukan pola hidup sehat. Pada saat ini, pola hidup sehat menjadi kebutuhan yang sangat vital, apalagi jaman sekarang ini penuh dengan stress tinggi, polusi, tersedianya makanan yang tidak sehat (seperti junk food misalnya) dan gaya hidup yang buruk.
Apakah yang disebut pola hidup sehat ?
1. Pola makan dan minum sehat.
Dalam menjaga pola makan dan minum, maka harus disesuaikan dengan banyak faktor seperti usia, jenis kelamin, aktivitas, penyakit yang menyertai, dll. Pada intinya makanan ataupun minuman sebaiknya diambil dari zat-zat alami yang tidak tercemar dan komposisinya disesuaikan dengan usia. Contoh, sebaiknya Anda yang usianya di atas 35 tahun mengurangi makan makanan yang banyak mengandung lemak . Perbanyak kandungan vitamin, mineral, serat, buah-buahan dan sayuran. Kurangi konsumsi gula, perbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari, dan tentu saja mengkonsumsi suplemen kesehatan berbahan organik/herbal seperti Jeli Gamat Luxor dan Spirulina secara teratur untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh kita.
2. Olahraga teratur.
Beberapa penelitian menyatakan olahraga yang dilakukan rutin tiap hari memberi manfaat yang besar untuk tubuh kita. Untuk jenis olahraganya sendiri, sebaiknya disesuaikan dengan usia kita. Namun pada dasarnya olahraga yang paling baik adalah olahraga yang mempunyai gerakan kontinyu 25 menit tanpa putus, seperti senam atau aerobic misalnya. Dengan berolahraga maka akan menambah kekuatan otot-otot jantung, sehingga kekuatan jantung dalam memompa darah semakin meningkat. Disamping itu, juga akan meningkatkan asupan oksigen dalam sel-sel tubuh. Dengan berolahraga secara teratur, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal.
3. Istirahat yang cukup.
Setengah waktu kita dalam sehari bahkan lebih, biasanya kita gunakan untuk beraktivitas, entah itu di luar rumah saat kita bekerja, ataupun di rumah setelah usai kerja dan kita lalu disibukkan dengan kegiatan rumah tangga. Pada saat beraktivitas itu, sel-sel kita bekerja dengan optimal bahkan maksimal. Setelah itu, sel-sel tubuh butuh istirahat. Pada saat sel tubuh bekerja secara normal, maka metabolisme yang terjadi adalah aerob, tapi apabila ini melebihi waktu normal, maka akan menjadi anaerob. Nah, proses yang terakhir ini yang akan cepat merusak sel, maka kita perlu istirahat yang cukup agar tubuh bisa memperbaiki sendiri, sel-sel tubuh yang rusak, menggantinya dengan sel-sel baru dalam jumlah yang cukup. Jika istirahat kurang , maka perbaikan sel ini menjadi tidak maksimal, sehingga setiap hari ada sel-sel rusak yang belum diperbaiki, dan akan terakumulasi secara terus menerus, menyebabkan kinerja organ tubuh kita menjadi terganggu.
4. Hindari stress.
Pada saat ini sangat sulit untuk menghindar dari yang namanya stress, karena tantangan hidup yang semakin berat, dengan problema hidup yang semakin kompleks, lingkungan yang semakin tercemar. Dengan kenyataan ini, maka kita harus pintar-pintar mengelola stress. Pada saat stress, ada satu zat yang akan dikeluarkan yaitu kortisol. Zat inilah yang melalui mekanisme yang rumit, akan membuat lemak sulit dipecah, tekanan darah naik, bahkan mampu mengubah sel, yang tadinya sel normal menjadi sel yang tidak normal, yang bisa memicu timbulnya kanker. Oleh karena itu, cobalah mulai sekarang, selalu bersikap positive thinking, bersyukur dan senantiasa ikhlas terhadap segala sesuatu yang terjadi. Maka usahakan diri kita untuk terus bersukacita, karena hati yang gembira adalah obat yang manjur.
Dengan menjalankan ke empat hal tersebut di atas, maka kesehatan tubuh kita akan terus terjaga. Cobalah jalankan itu setiap hari sebagai suatu gaya hidup yang sehat , karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar