Jumat, 11 Januari 2013

Hidup Sehat Mencegah Kanker



image


Hidup sehat mencegah kanker perlu kita terapkan dalam kehidupan kita dewasa ini, karena telah banyak saudara-saudara kita yang meninggal dunia akibat menderita sakit kanker. Berita baiknya ialah bahwa kanker dapat dicegah lebih awal yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat mencegah kanker. Apa saja yang harus kita lakukan untuk menjalankan hidup yang sehat agar kita dapat mencegah kanker tidak hinggap di tubuh kita ? Berikut langkah-langkah yang harus kita kerjakan secara rutin, dengan kesadaran tinggi, dan penuh suka cita, agar kita dapat menerapkan hidup sehat menncegah kanker, yaitu :
  • Makan banyak sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian seperti tempe, tahu dan makanan yang banyak mengandung serat. Paling tidak satu atau dua kali sehari mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.
  • Hindari berat badan berlebihan atau kegemukan. Timbanglah berat badan 1 kali seminggu. Penelitian menunjukkan, akibat kegemukan, risiko terjadinya kanker lebih besar khususnya kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, serta kandung empedu.
  • Kurangi terlalu banyak makanan gorengan dan juga yang mengandung protein dan lemak tinggi serta jeroan.
  • Batasi makanan yang diolah dengan suhu tinggi dan lama atau dengan pengolahan tertentu yang dapat menimbulkan prokarsinogen seperti makanan yang diasinkan, diasap, dibakar, dipanggang sampai keluar arang (gosong) . Yang terbaik adalah makanan yang direbus.
  • Hati-hati dengan penggunaaan pemanis buatan, pewarna makanan serta zat pengawet yang berlebihan. Makanan terbaik adalah makanan segar.
  • Makanan dijaga kebersihannya, beraneka ragam, dan bebas dari zat cemaran lingkungan.
  • Sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan juga merokok
  • Kegiatan fisik dengan olahraga secara teratur disertai kesehatan mental dan rohani merupakan bagian terpadu dalam upaya pencegahan penyakit kanker.
Sumber: Medical Emergency Rescue Committee ,   Selasa, 08 Juli 2008 08:18 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar