Rabu, 09 Januari 2013

Menu Makanan Sehat Penderita Penyakit Maag

Menu Makanan Sehat Penderita Penyakit Maag

Anda salah satu penderita maag atau gangguan pencernakan?
Kadang anda tidak menyadari bahwa pola makan anda yang kurang tepat bisa menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan atau biasa disebut penyakit maag ini. Hal pertama yang harus dilakukan bagi penderita penyakit maag adalah berkonsultasi secara medis ke dokter.
Dan yang perlu diketahui adalah bahwa penderita penyakit maag atau ganguan pencernaan memerlukan menu makanan sehat supaya lekas sembuh dan gangguan pencernaan tersebut tidak terulang lagi.

Menu Makanan Sehat Untuk Maag

Menu makanan sehat penderita penyakit maag yang pasti adalah makanan yang mempunyai tekstur lembut dan tidak mempunyai rasa yang tajam sehingga tidak merangsang produksi asam lambung. Untuk porsinya tidak perlu terlalu besar, cukup porsi kecil namun sering diberikan dalam selang waktu tiap 3 jam sekali. Makanan juga harus memenuhi kecukupan nilai kadar gizi bagi tubuh, baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan juga air.
Menu makanan yang memiliki kandungan gas berlebih seperti, kubis, kembang kol, nangka, durian, kopi, minuman bersoda dan juga makanan atau minuman beralkohol harus dihindari. Makanan sebaiknya tidak memakai bahan ataupun bumbu yang tajam seperti asam jawa, belimbing wuluh, asam kandis, asam gelugur, jeruk nipis, cabai, cuka dan lada.sehingga bisa merangsang produksi asam lambung.
Makanan yang sebaiknya dihindari juga oleh pennderita penyakit maag adalah makanan yang susah dicerna seperti makanan yang berbahan beras ketan, singkong, jali, ubi, butter cream, kue tart dll. Begitu juga dengan makanan yang berserat tajam seperti kedondong dan nenas juga harus dihindari bagi penderita penyakit maag ini.
Untuk proses memasak menu makanan sehat yang disarankan bagi penderita penyakit maag adalah dengan direbus dan dikukus. Tujuan utamanya adalah supaya bisa menghasilkan makanan yang bertekstur lembut/lunak. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang, selain makanan menjadi kering, liat dan keras maka minyak yang masih tersisa pada makanan juga dapat merangsang rasa mual pada penderita penyakit maag.
Hal utama yang perlu diperhatikan supaya terhindar dari gangguan pencernaan atau penyakit maag adalah dengan menjaga pola hidup yang teratur, istirahat cukup dan terutama pola makan yang sehat. Jadi menu makanan sehat dan cukup gizi adalah hal utama harus diperhatikan dalam menjalani pola hidup sehat untuk penderita penyakit penyakit maag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar