Jumat, 11 Januari 2013

Tetap Sehat di Lingkungan Kantor

 
Pekerjaan di kantor sering menuntut Anda tetap berada di bilik kerja dalam rentang waktu yang cukup lama. Apalagi bila Anda banyak bekerja dengan komputer, praktis 80 persen waktu Anda akan tersita di 1 atau 2 posisi saja. Belum lagi ditambah dengan kesibukan yang membuat Anda lupa melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat. Berikut ada beberapa tips untuk Anda agar tetap sehat dan nyaman berada di lingkungan kerja:
  • Cukup Cairan
    Air adalah elemen penting dalam tubuh untuk mendukung aktivitas harian Anda. Air berperan penting dalam proses detoksifikasi dan pencernaan. Dehidrasi ringan saja sudah cukup memengaruhi fokus dan konsentrasi. Pastikan Anda cukup minum selama di kantor. Sediakan botol atau termos minum di meja kerja Anda sehingga lebih mudah dijangkau.
  • Tempat Kerja yang Bersih
    Bersihkan ruang kerja Anda secara teratur. Disarankan juga untuk membersihkan peralatan kerja Anda agar tidak menjadi tempat bersarangnya kuman. Keyboard, mouse, telepon, bahkan meja kerja Anda adalah tempat yang paling potensial dihinggapi kuman dan virus. Juga perlu diingat untuk mencuci tangan secara teratur untuk mengurangi kontaminasi kuman pada tubuh Anda.
  • Penerangan yang Cukup
    Pastikan bilik kerja Anda mendapatkan cahaya yang cukup. Penerangan yang buruk akan membuat mata Anda bekerja lebih keras untuk melihat. Bila perlu tambahkan lampu meja apabila penerangan ruangan bersifat sentral.
  • Sayangi Mata Anda
    Bila Anda bekerja dengan komputer, selalu diingat untuk secara teratur mengistirahatkan mata Anda dari layar komputer. Disarankan untuk setiap 15-30 menit, Anda menglihkan pandangan Anda ke beberapa objek yang jaraknya bervariasi untuk mengistirahatkan mata.
  • Selingi dengan Bergerak
    Anda bekerja 8-10 jam tiap hari. Ketika pekerjaan mengharuskan Anda untuk banyak duduk, Anda berisiko terkena sakit punggung atau pinggang. Istirahat sejenak, bangun dari tempat duduk Anda, lakukan peregangan ringan, dan berjalanlah beberapa langkah. Ini dapat mengembalikan fokus Anda dan mengurangi risiko sakit punggung.
  • Makanan Sehat
    Saat makan siang, pilihlah menu yang sehat dan berimbang. Lakukan ini secara teratur untuk mencukupkan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh dan otak. Ketika tubuh Anda bugar, tentu otak akan bekerja dengan maksimal. Untuk Anda yang suka ngemil, pilihlah kudapan yang mengandung biji-bijian, atau kacang-kacangan yang kaya akan energi.
  • Tidur Malam yang Cukup
    Pernahkah Anda pergi ke tempat kerja dengan keadaan kurang tidur? Tentunya ini sangat mengganggu. Tidur malam yang berkualitas berguna untuk mendongkrak sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit dan juga meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar