Name:  tipshidupsehat.jpeg

Views: 1074

Size:  5.5 KB

Cara tips hidup sehat bisa Anda jalani dengan mudah tanpa mengkonsumsi obat-obatan pencegah penyakit. Olahraga, menjaga pola makan, menghindari stres, dan cara hidup sehat lainnya bisa Anda simak berikut:

  1. Niat dan sikap tegas
    Seberapa kuat tekad Anda untuk meraih kesehatan dalam hidup? jika setengah-setenga, maka manfaat yang Anda dapatkan pun akan minimal. Awali dengan niat dan ketegasan dalam diri, bahwa Anda ingin sehat!
  2. Pertahankan frekuensi makan
    Jangan mengandalkan mood untuk bisa makan. Pola makan harus teratur, dan pertahankan begitu terus. Kalau anda berniat makan 5X sehari, maka itu yang harus dijalani secara berkelanjutan. Utamakanlah sarapan ! Sebab makan di pagi hari penting untuk menunjang aktifitas seharian.
  3. Ngemil dengan cara sehat
    Cemilan yang baik adalah buah atau makanan ringan yang menyehatkan. Jangan membiasakan ngemil sambil kerja karena justru hanya akan merusak pencernaan.
  4. Kunyah makanan dengan lumat
    Makan jangan terburu-buru, kunyahlah makanan hingga halus. Sistem pencernaan akan bekerja keras bila Anda memasukkan makanan yang masih kasar, dan itu bisa mempercepat kerusakan pencernaan.
  5. Jangan kurangi vitamin, mineral dan protein
    Jika Anda sedang diet dengan mengurangi kuantitas makanan, tetaplah menambah kandungan gizinya. Banyak makanan sehat yang kaya gizi untuk Anda jadiakn alternatif makanan Anda.
  6. Tidur teratur
    Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam sehari. Tidur yang cukup akan membuat tubuh mengistirahatkan segala organ, untuk siap kembali berfungsi esok hari. Sayangilah tubuh Anda dengan mementingkan tidur yang cukup.
  7. Olahraga secara teratur dan terukur
    Minimal seminggu sekali Anda perlu menyempatkan tubuh berolahraga. Jalan pagi, lari-lari santai, senam, renang, atau apapun aktifitas tubuh yang menyehatkan dan teratur bisa bermanfaat besar. Ingat, teratur! Jadwalkan, dan patuhi.
  8. Hindari stres
    Stres yang Anda alami bisa langsung berpengaruh pada kesehatan, meskipun Anda mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur. Untuk itu, aturlah emosi Anda untuk tidak menyimpan stres. Mendengarkan musik yang tenang adalah salah satu caranya.
  9. Pantau berat badan secara berkala
    Seberapa besar kemajuan tubuh sehat Anda bisa dilakukan dengan menimbang berat badan. Lakukanlah secara berkala untuk memantau manfaat olahraga Anda yang tentu bisa mengontrol berat badan.
  10. Target penurunan yang benar
    Jangan pernah memaksakan tubuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Jika Anda memaksakan target dalam diet Anda, maka bukan sehat yang Anda dapatkan tapi sebaliknya. Target penurunan berat badan yang benar adalah 0,5 – 1 kg / minggu. Anda harus tetap tenang tanpa memaksakan diri, bila tidak mencapai angka itu.